2 Agu 2024

Inspirasi Mengatasi Pertengkaran Adik dan Kakak dari "Nussa: Kamu Antta!"

Pertengkaran antara adik dan kakak, kadang membuat pusing orang tua. Namun di satu sisi, bisa mengasah keterampilan sosialisasi dan memecahkan masalah bagi anak. Penting bagi orang tua, menemukan cara efektif menangani konflik anak.

Ada berbagai cara bisa dilakukan, untuk mengatasi pertengkaran adik dan kakak. Diantaranya terinspirasi, dari film pendek terbaru "Nussa: Kamu.. Antta". Film yang tidak hanya menghibur, tetapi memberikan contoh konkret. Bagi orang tua mengatasi pertengkaran anak-anak dengan bijak.

Nussa: Kamu.. Antta

"Nussa: Kamu.. Antta", film pendek produksi Visinema Studios. Menceritakan pertemuan pertama Nussa dan Rarra dengan Antta, kucing peliharaan mereka. Film ini ditayangkan kali pertama, pada  Jumat, 5 Juli 2024, di YouTube Nussa Official.

Dalam salah satu adegan, Rarra ingin bermain dengan kakaknya, Nussa. Namun, Nussa sedang sibuk mengerjakan tugas sekolah dan merasa terganggu. Hal ini membuat Nussa marah pada Rarra.

Saat melihat pertengkaran ini, Umma dan Abba, orang tua Nussa dan Rarra, menunjukkan sikap tenang dan netral. Mereka mendengarkan perasaan kedua anak mereka tanpa menghakimi dan memberikan alternatif menyelesaikan masalah.

Berikut beberapa tips parenting, bisa diambil dari reaksi Umma dan Abba dalam film "Nussa: Kamu.. Antta":

1. Tetap Tenang dan Netral ; Ketika anak-anak bertengkar, penting bagi orang tua untuk tetap tenang dan netral. Reaksi yang tenang membantu menenangkan anak-anak dan mengurangi ketegangan.

2. Identifikasi Masalah dengan Mendengarkan Perasaan Kedua Pihak ; Dengarkan perasaan kedua anak Anda tanpa menghakimi. Ini akan membantu Anda memahami akar masalah dan menemukan solusi yang tepat.

3. Ajak Anak untuk Berempati ;  Ajak anak melihat situasi dari sudut pandang saudara mereka. Ini akan membantu mereka mengembangkan empati dan memahami perasaan satu sama lain.

4. Berikan Waktu pada Anak untuk Menyelesaikan Konflik dan Tawarkan Alternatif Solusi ; Biarkan anak-anak mencoba menyelesaikan konflik mereka sendiri terlebih dahulu. Jika mereka kesulitan, tawarkan alternatif solusi yang bisa diterima oleh kedua pihak.

5. Ajarkan Pentingnya Saling Menghargai melalui Media yang Menyenangkan ;  Menggunakan media yang menyenangkan seperti melalui short film seperti "Nussa: Kamu.. Antta" bisa menjadi cara efektif untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya saling menghargai dan indahnya hubungan kakak-adik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA