14 Jul 2024

SILIWANGI SEHAT ; Serunya Jalan Santai bareng Siliwangi Bolu Kukus


Minggu pagi, di pelataran Balai Kota Bogor. Senangnya saya turut berbaur, dengan banyak orang berkaos sama. Outfit kami kembaran, yaitu kaos putih berlengan hijau tosca muda. Ya, kami bergembira untuk sehat, di SILIWANGI SEHAT.

Adalah salah satu agenda, diadakan oleh Siliwangi Bolu Kukus berkolaborasi dengan SAKAR atau Sahabat Kang Rizal.  Acara yang seru dan meriah, dihadiri oleh Kang Faizal, selaku founder Siliwangi Bolu Kukus, dan Kang Rizal Founder SAKAR. 

Saya sudah berada di lokasi, dari sekitar jam setengah enam pagi. Meski langit belum cerah sempurna, tapi peserta SILIWANGI SEHAT tampak antusias.  Seiring pagi menjelang, ribuan peserta sudah bersiap di garis start. 

Tepat jam tujuh, fun walk dan fun bike, dilepas oleh Kang Faizal dan Kang Rizal. di bagian paling depan, rombongan dipimpin seniman gamelan. Mereka lima anak muda, dengan seragam batik khas Bogor dan memainkan lagu manuk dadali.

SILIWANGI SEHAT start di depan Balai Kota Bogor, mengambil rute memutari Kebun Raya Bogor. Di beberapa titik dipasang drone, kami peserta bisa pasang aksi. Lumayan juga, memutari kebun Raya Bogor. Bikin badan segar, dengan menempuh sekitar 2,5 KM sampai finish di alun-alun Bogor.

Panggung utama berdiri di tengah-tengah, dikelilingi tenda yang diisi produk UMKM. Peserta yang memegang tiket, bisa menukarkan kupon dengan satu kotak Siliwangi Bolu Kukus. 

Kemudian tak jauh dari pintu masuk, di tenda Siliwangi Bolu kukus dibagikan tester gratis.

 


Antusias peserta benar-benar tampak, mendatangi tenda cek kesehatan yang bekerjasama dengan PMI. Dua gerai Siliwangi Bolu Kukus di kanan kiri panggung, tak kalah ramainya diserbu pembeli.

Kegiatan semakin meriah, yaitu dengan senam sehat dipimpin instruktur dari panggung utama. Booth bazar produk UMKM, juga tak kalah ramainya. 

Pengisi booth yang pelaku UMKM, tak segan memberikan promo menarik. Selain juga pro aktif, membagikan sampling produk 

O’ya, kegiatan SILIWANGI SEHAT digelar, sekaligus memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542.

----

Btw, saya terkesan dengan penjelasan Kang Faizal. Ketika menjelaskan  falsafah Silih Asah Asih Asuh, yang dipegang Siliwangi Bolu kukus.  

Yaitu fokus 4 pilar ; Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, dan Kebudayaan.

  • Bidang Kesehatan ; Siliwangi Bolu kukus, rutin mengadakan kegiatan olahraga bersama. Selama dua tahun terakhir, seminggu sekali karyawan rutin jalan kaki atau lari bersama.
  • Bidang Pendidikan ;  Siliwangi Bolu kukus tidak mensyarat-kan ijazah, untuk bergabung menjadi karyawan. Tetapi setelah menjadi keluarga besar Siliwangi, karyawan musti ikutan paket A, B dan C. Bahkan tahun 2024, ada 23 karyawan yang lulus sarjana.
  • Bidang Ekonomi ; Siliwangi membuka kesempatan, kepada pelaku UMKM turut berjualan di store. Hal ini sangat tampak, dari gelaran SILIWANGI SEHAT kali ini. Banyak booth pelaku UMKM, turut berjualan di sepanjang kegiatan. Selain itu untuk rak di setiap gerai, dibeli dari pengrajin lokal. Dengan demikian, pengrajin terbantu dalam hal income dan pemasaran.
  • Bidang Kebudayaan ; Ketika membahas pilar budaya, saya langsung ingat pemain musik di fun walk hari ini. Mereka memainkan musik, yang membawakan lagu-lagu khas Jawa barat. Sepanjang kemeriahan acara, juga ada slot seniman Sunda mengisi panggung.

 

Apa yang saya lihat dan rasakan di SILIWANGI SEHAT, sangat relate dengan tujuan kegiatan.Y

Yaitu, Menanamkan pentingnya menjaga kesehatan ; Menanamkan pentingnya bersilaturahmi ; Pentingnya mendukung keberlanjutan UMKM ; serta turut melestarikan budaya nusantara (untuk kagiatan ini adalah budaya Sunda).

SILIWANGI SEHAT  didukung oleh media Radar Bogor, peserta terbuka untuk masyarakat umum. 

Cara mendaftar juga mudah, cukup datang dan mendaftar di Store Resmi Silwangi Bolu Kukus. 

Sebagai peserta, saya merasakan manfaat kegiatan ini. Semoga acara SILIWANGI SEHAT, diadakan rutin dan bisa digelar di kota-kota lainnya. 

Sukses Siliwangi Bolu Kukus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA