16 Jul 2024

Kabar dari Pagelaran Indonesia International Piano Competition (IIPC) 2024


Yayasan Cipta Pribadi Unggul, menggelar Indonesia International Piano Competition (IIPC) 2024. Gelaran ini melanjutkan edisi perdana tahun 2019, kali ini IIPC dengan skala lebih besar.

Kompetisi IIPC 2024 berlangsung, 8 - 14 Juli 2024, di Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan. Pada puncak acara, para finalis kategori profesional akan berkolaborasi untuk piano concerto diiringi Jakarta Concert Orchestra.

Helen Gumanti, selaku President of IIPC, menyampaikan rasa antusiasnya. Bahwa Kompetisi Piano Internasional Indonesia berfungsi sebagai panggung global yang didedikasikan untuk meningkatkan seni dan pendidikan pianis klasik yang bercita-cita tinggi dalam perjalanan musiknya.

Kami sangat senang menyaksikan antusiasme dan partisipasi yang luar biasa dari komunitas global, menyambut ratusan pianis lebih dari delapan negara dan juri internasional yang terhormat,” ujar Helen.

Kompetisi IIPC dirancang, sebagai salah satu kompetisi piano paling bergengsi di kawasan Asia Pasifik. Berkomitmen memajukan musik klasik, mendukung generasi pianis di Indonesia, terutama generasi muda, agar dapat membawa nama musik klasik indonesia ke skala global.

Tahun ini terdaftar, lebih dari 133 peserta dari 10 negara, seperti Indonesia, Jepang, Vietnam, Australia, Korea Selatan, Thailand, Kanada, Amerika Serikat, Singapura, dan Selandia Baru.

Para peserta akan dinilai oleh 11 juri ternama dari 8 negara, termasuk Amerika Serikat, Bulgaria, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Malaysia, Perancis, dan Singapura. Para juri merupakan maestro piano berpengalaman yang diakui di dunia internasional.

Nama-nama juri, ada Andreas Frölich, profesor di Hochschule für Musik und Tanz Köln - Aachen dan Kalaidos Musikhochschule Zürich, yang juga menjadi profesor tamu di berbagai akademi musik internasional.  

Ada juga Pascal Nemirovski, salah satu guru piano paling dicari di dunia.  Tak ketinggalan, Rachel Naomi Kudo, pemenang pertama Kompetisi Internasional Johann Sebastian Bach di Leipzig.

Selain ketiga juri di atas, turut hadir pula juri lainnya seperti Avguste Antonov, Benjamin Loh, Dainius Vaičekonis, Ivan Yanakov, Ji Na Kim, Mirella Petrova, dan Wong Chee Yean.

Peserta terbagi dalam berbagai kategori usia dan tingkat kemampuan, yaitu:

● Professional Senior Category (18 – 32 tahun)

● Professional Junior Category (Di bawah 18 tahun)

● Collaborative Piano 1 Category (18 – 32 tahun)

● Collaborative Piano 2 Category (Di bawah 18 tahun)

● Amateur Category (33 tahun ke atas)

● Senior Category (Di bawah 18 tahun)

● Junior Category (Di bawah 15 tahun)

● Intermediate Category (Di bawah 13 tahun)

● Category 1 (Di bawah 10 tahun)

● Category 2 (Di bawah 8 tahun)

Hal menarik di tahun kedua penyelenggaraan IIPC, finalis-finalis profesional akan berkolaborasi dengan Jakarta Concert Orchestra yang dipimpin oleh Avip Priatna.

Dengan ini, IIPC mengajak semua pihak, termasuk pemerintah untuk memberi dukungan atas terselenggaranya kompetisi berskala internasional ini untuk kemajuan musik dan musisi klasik di indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara menonton dan menghadiri acara ini, silakan kunjungi situs www.indonesiainternationalpianocompetition.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA