29 Jul 2024

Akses Kesehatan Tak Pilih Kasih dengan Solusi Digital Indibiz Health

Suasana Digiland 2024 di Tenis Indoor Senayan Jakarta- dokpri

Saya seneng banget, akhir pekan ini datang ke Digiland 2024, di Tenis Indoor Senayan Jakarta. Adalah puncak peringatan ulang tahun Telkom Indonesia, yang mempersembahkan kegiatan insipiratif, inovatif dan menghibur.

Satu booth yang membumbungkan rasa penasaran saya, adalah booth Indibiz Experience. Booth yang menghadirkan 7 ekosistem digital solusi by Indibiz, dan berhasil menjawab rasa penasaran saya.

O’ya, ekosistem solusi digital by Indibiz ada 7 bidang, terdiri dari Indibiz Ruko, Indibiz Sekolah, Indibiz Hotel, Indibiz Ekspedisi, Indibiz Multifinance, Indibiz Health, dan Indibiz Eenergi. Sungguh menarik, menyimak solusi digital by Indibiz di setiap ekosistem.

Solusi berbasis digital, dan sangat worthed bagi pelaku usaha termasuk pelaku UMKM. Jujurly, saya semakin tertarik, ketika sebuah program memiliki misi mendukung UMKM. Mereka (pelaku UMKM) adalah penggerak perekonomian skala kecil, yang musti disupport seluruh stakeholder.

-----

Masih dari Digiland 2024, tujuh bidang Solusi Digital Indibiz, masing-masing sangat menarik untuk disimak penjelasannya. Ada satu sektor, yang memantik perhatian saya adalah Solusi Digital Kesehatan / Indibiz Health.

Betapa era tehnologi digital saat ini, nyatanya sangat relevan dan mendukung pelaku bisnis di sektor kesehatan. Entah itu praktek dokter (biasanya di rumah si dokter), klinik, puskesmas, hingga rumah sakit.

Contoh solusi digital by Indibiz di sektor kesehatan, yang cukup simpel adalah soal nomor antrian. Sebagai orang jadul, saya pernah merasakan repotnya berobat dengan cara jadul yang manual. Saya pernah berangkat selepas subuh, demi mendapat nomor antrian kecil.

Dengan Indibiz Health, hal demikian tak terjadi. Calon pasien atau keluarga pasien, bisa mendaftar via online terlebih dahulu. Setelah mendapatkan nomor, bisa memperkirakan waktu berangkat dan tiba di klinik atau rumah sakit.
Venusania - Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia, menyimak pemaparan Indobiz Health- dokpri

Pasien tidak perlu lagi, cepat-cepatan datang lebih awal. Karena semua by sistem digital, yang sangat menguntungkan nakes maupun pasien. Menghindari kelamaan di ruang tunggu klinik atau rumah sakit, dan lebih efektif dari sisi waktu maupun biaya.

Soal antri mengantri ini, berlaku umum yes. Mau pasien kaya atau tidak, mau pasien dari perumahan bagus atau tidak, semua mendapat perlakuan layanan yang sama. Tekhnologi digital seperti demikian, sangat mendorong pemerataan layanan kesehatan. 

Siapapun, berhak mendapat akses kesehatan tanpa pilih kasih. Berkat Produk Digital Healtical, persembahan IndibizHealth 

Akses Kesehatan Tak Pilih Kasih dengan Solusi Digital Indibiz Health

Indibiz Health, adalah sistem informasi menajemen (SIM) yang terpadu. Bisa berperan sebagai kunci penting, di semua tingkat administrasi layanan kesehatan di Indonesia.  Mendorong fasilitas kesehatan (faskes), lebih meningkatkan mutu layanan kesehatan.

Sebagai layanan berbasis digital, Indibiz Health terintegrasi dan ditunjang data dan privasi pasien yang dijamin aman.

Indibiz Health bisa diakses lebih mudah, cepat dan akurat oleh semua stakeholders faskes. Informasi tentang jadwal dokter, pencatatan rekam medis pasien, hal mendasar yang sangat utama. Mengoptimalkan pengambilan keputusan medis, hingga manajemen praktek yang memudahkan semua pihak. Semua Nakes mulai dari perawat, kasir, farmasi, lab dan radiologi, penjamin asuransi, kasir dan administrasi, bisa mengakses satu sumber yaitu indibiz health.
Eksosistem Indibiz Health- dokpri

Kerennya, Indibiz health dikembangkan memenuhi standar SATUSEHAT milik Kemenkes, dan sesuai Health Level Seven International.

Manfaat Indibiz Health, telah dirasakan Dina Ristiana Putri, Petugas Rekam Medis Puskesmas 7 Ulu Palembang. Proses digitalisasi di Pukesmas tempatnya bekerja, membuat Dina sangat terbantu. Seperti mencari nomer rekam medis, mencatat data kunjungan pasien.

Semua fungsi system data juga sudah terintegrasi antar unit di Puskesmas, Bcare, Mobile JKN dan Satu Sehat,” jelas Dina

Tauhid Aminudin, selaku Head of IT RSU Andhika, sependapat dengan Dina. Bahwa Indibiz Health membantu proses Rekam Medis Elektronik (RME), terintegrasi dengan Aplikasi SATUSEHAT dan BPJS.

Nurul Hidayati, Direktur Klinik Kita, merasakan hal yang sama. Bahwa fitur di Indibiz Health, sangat membantu proses administrasi dan pelayanan Klinik Kita secara komprehensif. Sehingga layanan digital secara lengkap, tersaji dari pasien datang hingga pulang.

-----

Saya kebayang, pasien yang sudah sepuh dan tinggal di kota terpencil. Untuk menuju faskes musti effort-nya lebih, ada yang mengantar menyediakan waktu dan biaya transportasi tidak sedikit.  Haqul yaqin akan sangat terbantu, dengan adanya Indibiz Health.

Seperti kita ketahui bersama, layanan internet bisnis dari Telkomsel sangat bisa diandalkan bahkan di pelosok daerah di tanah air. Sehingga kendala digital di daerah terpencil, kecil kemungkinan terjadi. Masyarakat kecil bisa tersenyum sumringah, mendapatkan akses kesehatan tanpa pilih kasih.

Solusi digital Indibiz Health, mendukung transformasi layanan kesehatan semakin cepat tercapai. Kalau prosese digitalisasi layanan kesehatan bisa lekas diwujudkan, maka dampaknya sangat besar. Yaitu masyarakat yang sehat, sehingga memiliki produktifitas yang tinggi.

Di satu sisi dengan pengalaman dan kepuasan pasien yang meningkat, maka kepercayaan publik pada faske juga meningkat.

Hal demikian dirasakan layanan kesehatan tersebar di 11 provinsi di Indonesia, telah menggunakan Indibiz Health. Nama-nana layanan kesehatan tersebut, antara lain ; RS Kasih Ibu Surakarta, RS Metropolitan Medical Center, Klinik Garuda Sentra Medika, RSU Andhika, Klinik Kita, Puskesmas 7 Ulu Palembang dan ratusan puskesmas dan apotek lainnya.

Solusi Digital Indibiz Kesehatan, membuat akses kesehatan tak pilih kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA