22 Jun 2024

Pentingnya Dukungan Perbankan Syariah untuk Ekosistem Halal


Digelarnya BSI Internasional Expo 2024, pada tanggal 20 s.d 23 Juni 2024, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Cukup menggembirakan sekaligus menjadi penguatan, tentang keseriusan perbankan Syariah mendukung terciptanya ekosistem halal. Tak tanggung-tanggung, di seluruh lini usaha turut terlibat dalam pagelaran akbar ini.

BSI International Expo 2024, menjadi wujud akan komitmen PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI, terus mendorong perkembangan ekosistem keuangan syariah dan gaya hidup halal. Mengingat Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim yang besar. Menjadi sebab industri halal, sebagai sektor yang potensial dan memiliki demand yang cukup besar. 

Merujuk data State of Global Islamic Economy Report (SGIE) 2023, Indonesia berada di peringkat tiga pada The Global Islamic Economy Indicator. Capaian tertinggi ada pada sektor makanan halal, menyusul keuangan syariah dan modest fashion. Indonesia juga diunggulkan dan memiliki potensi yang besar, menjadi pioner di sektor halal dunia termasuk dalam halal lifestyle halal di kehidupan sehari-hari.

Selaras dengan indikasi tiga sektor industri halal tertinggi, di gelaran BSI Internasional Expo 2024, diisi banyak tenant mulai dari sektor makanan dan minuman, perbankan dan lembaga keuangan syariah, serta sektor modest fashion. Kemudian stand tour travel dan penerbangan, pendidikan, otomotif, electronik dan masih banyak stand di sektor lainnya.

BSI Internasional Expo 2024, mengusung tema “Connecting You To Halal Lifestyle Ecosystem”, sangat menarik minat masyarakat muslim. Kebijakan tidak memberlakukan harga tiket masuk (atau gratis), menjadi daya tarik dan keputusan yang sangat tepat. Masyarakat tinggal mendaftar melalui secara online, atau bisa datang dan mendaftar langsung di lokasi kegiatan.

Kolaborasi BSI dengan berbagai stake holder, baik dari kalangan lokal mapun global sangatlah tepat. Hal ini membuka peluang yang strategis bagi Indonesia, menjadi pelopor sektor halal di tataran global. Indonesia telah membuktikan memiliki potensi yang sangat besar, sebagai pusat produsen halal dunia. Akibatnya adalah terjadi peningkatan kapasitas ekspor, produk halal berkualitas ke berbagai negara di belahan dunia.

Lifestyle ekosistem halal, menyentuh berbagai lini kehidupan secara menyeluruh. Tidak semata bertumpu pada kegiatan pameran, tetapi juga digelar seminar, entertainment serta business matching. Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga, disediakan playground agar anak bisa bermain saat ayah atau ibu berkeliling di lokasi expo.

 


Pameran

Pameran menjadi daya tarik yang sangat besar, pengunjung datang karena dibuat penasaran. Tidak bisa dipungkiri, banyak inovasi atau kebaruan yang dipertunjukan. Pengunjung disuguhi produk berkualitas, produk-produk yang dihasilkan peserta pameran.

Khusus di stand UMKM, banyak sekali hal baru atau inovasi yang ditampilkan. Baik dari cara pemilihan bahan baku yang selektif, proses pengolahan yang modern, padu padan bumbu atau rempah untuk citarasa yang unik. Yang paling umum, adalah inovasi kemasan yang kekinian.

Hal ini bisa disaksikan salah satunya di stand tempe Azaki, yang menampilkan produk  segar dan dikemas sangat menarik. Produk  tempe ini telah tersertifikasi SNI, HACCP, BPOM dan tentunya mendapatkan sertifikat Halal. Menerapkan penggunaan proses pengolahan modern, dengan menerapkan sistem keamanan pangan dan cara produksi yang higenis.

Sehingga aman dan siap dikonsumsi (ready to eat), tanpa harus melalui proses goreng atau kukus lanjutan. Potongan tempe berbentuk dadu, cukup dicocol madu atau saos sambal atau kecap kemudian langsung dikonsumsi.

Masih soal Tempe Azaki buatan UMKM asal Bogor, telah menjajaki pasar ekspor di berbagai negara. Seperti pasar di Jepang, yang terkenal sangat-sangat selektif mengijinkan komoditas makanan masuk negaranya. Tempe Azaki juga telah diekspor ke pasar Amerika, Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, yang unik untuk ekspor ke Thailand dikemas dalam bentuk lontong tempe.

Di Stand UMKM yang lain, terdapat  produk susu kambing etawa yang diproses sedemikian rupa dengan  halal dan hygenis. Menawarkan cita rasa susu kambing tanpa prengus, aman dikonsumsi untuk segala usia. Kemudian khusus bagi pengonsumsi usia lanjut, susu kambing etawa terbukti bisa membantu mengatasi asam urat.

Dan masih banyak stand yang lain, yang menawarkan keunikan sebagai signature dari produknya. Kalau sudah bicara signature, artinya menjadi kekhasan yang tidak dimiliki produk sejenis lainnya.

BSI International Expo 2024 diikuti oleh 265 stand, di stand pendidikan ada program yang tidak kalah menarik. Banyak sekolah islam kenamaan turut ambil bagian, menawarkan program-program yang menarik. BSI sendiri menyediakan BSI Schoolarship, memberi kesempatan siswa dan orangtua berburu beasiswa.

Seminar

Di lokasi strategis di arena BSI Internasional Expo 2024, berdiri panggung utama yang megah dan sangat mudah diakses. Di panggung utama inilah, berbagai macam seminar diadakan, baik tentang ekonomi, keuangan syariah, gaya hidup, parenting  atau tema menari lainnya.

Seperti acara Talkshow Parenting with Family, yang menghadirkan ahli dan praktisi parenting dr Aisyah Dahlan. Kemudian Seminar Islamic Ecosystem Acceleration, Acceleration Islamic Economic as economic postioning trough global opportunity, with speker  BSI, Education Expertise, BASNAZ, Halal Industry Practitioner.

Kajian bersama Habib Ja’far sangat menarik, pendakwah 35 tahun ini menjelaskan, bahwa hidup halal tidak hanya terkait makanan minuman yang dimasukkan ke dalam tubuh saja. Tetapi ada yang jauh lebih penting, adalah cara mendapatkan makanan dan atau minuman tersebut. Karena dari cara mendapatkan makanan minuman, akan sangat berpengaruh pada output setelah dikonsumsi.

Selain itu masih banyak tema seminar dan atau talkshow menarik lainnya, membuat BSI International Expo 2024 menawarkan kegiatan yang sarat ilmu. Sehingga bukan saja kebaruan atau inovasi produk, tetapi perspektif dan cara berpikir baru akan didapati pengunjung expo.  


 

Entertainment

Selain seminar dengan banyak nara sumber yang kredibel, panggung BSI Expo juga diisi hiburan yang bisa dinikmati pengunjung. Tercatat nama Putri Ariana, penyanyi yang berhasil membawa nama Indonesia di kancah international. Di kesempatan berikutnya ada gorup band Maliq D’essential, yang karya musiknya sering viral di media sosial. Terjadwal seniman Mustofa Attef dari Mesir,  kemudian panggung entertainment ditutup oleh penampilan KAHITNA. Group musik asal Bandung, yang telah memiliki jam terbang tinggi serta menorehkan banyak prestasi.

Business matching

Kegiatan yang sangat menarik di BSI International Expo 2024, adalah business matching. Menghadirkan sekitar 20 negara, berpotensi sebagai potensial buyer atau country paviliun. Business matching bisa menjadi kesempatan UMKM Indonesia, mempresentasikan produknya untuk masuk ke pasar global.

Kalau produk UMKM bisa menembus pasar internasional, tentu membawa dampak yang sangat luas. Yaitu terjadi peningkatan pengadaan bahan baku, pengadaan kemasan, pengadaan SDM, dan lain sebagainya.

Selain itu juga peningkatan kuantitas pengiriman, yang berpengaruh pada perusahaan ekspedisi dan seterusnya. Efek domino yang sangat postif, terjadi tidak hanya internal UMKM tetapi juga berdampak pada faktor eksternal.

----


Pergerakan kebutuhan gaya hidup dan ekosistem halal, perlu dikawal dengan ketat agar tetap on the track. Sehingga pergerakan hidup halal bisa berjalan sesuai sunnah Rasulullah, berpegang pada Kitabullah Al Quran. Peran serta seluruh pihak sangat dibutuhkan, termasuk perbankan Syariah, karena menyangkut mekanisme pembiayaan, agar terhindar dari proses yang bertentangan dengan agama Alloh SWT. 

Gaya hidup halal dari hilir ke hulu, akan menyentuh segala lini kebutuhan hidup. Dukungan pada tegaknya hidup halal, perlu dilakukan secara sustainable. Terlebih pada sektor perbankan, musti dijauhkan dari indikasi melanggar sunnah (misalnya riba).

Kerja keras kerja sama dan bergandengan tangan di industri halal di masa sekarang, ibarat menumbuhkan akar sebuah pohon. Jika hari ini satu akar saja muncul di batang tertanam, maka akan melahirkan tunas yang akan terus membesarkan tanaman.

BSI International Expo 2024, sebagai sebuah upaya sektor perbankan untuk memberi dukungan bagi eksositem halal. Selain seluruh pemangku kepentingan, masyarakat musti juga ilibatkan. Datang dan mendapatkan manfaat kegiatan tersebut, sehingga tidak berhenti hanya di expo.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA