Home

12 Jun 2024

Gebrakan Indibiz untuk Pelaku Usaha di Tiga Eksosistem Solusi Digital


Indibiz, ekosistem solusi digital dunia usaha dari Telkom Indonesia. Semakin memberi kemudahan bagi pelaku UKM, guna mewujudkan mimpi dan harapannya.

Sungguh, saya turut senang mendengar kabar baik ini. Selama ini, saya melakukan pendampingan UKM dengan cara sendiri. Yaitu membantu membuatkan konten video pendek, bagi beberapa pedagang di daerah Bintaro.

So, saya berharap. gebrakan baru Indibiz, memberi impact nyata dan ciptakan peluang bagi pelaku UKM di seluruh Indonesia.

----

Terhitung mulai bulan juni, indibiz telah menambahkan tiga lini bisnis. Yaitu di sektor kesehatan dengan Indibiz Health, sektor energi melalui Indibiz Energi dan sektor logistik melalui Indibiz Ekspedisi.

Sebelumnya ada empat sektor ekosistem, telah dikembangkan dengan baik oleh indibiz. Adalah Indibiz Sekolah, Indibiz Ruko, Indibiz Hotel dan Indibiz Multifinance. Penambahan tiga ekosistem, akan saling melengkapi dan menguatkan.

Tanto Suratno, VP Enterprise Business Orchestration Telkom, menyampaikan, bahwa kehadiran Indibiz Health, Indibiz Energi dan Indibiz Ekspedisi, semakin memperkokoh Telkom yang tengah fokus menggarap pasar business to business (B2B).

Tiga lini bisnis persembahan indibiz, niscaya akan memperkuat ekosistem solusi digital. Ekosistem digital persembahan indibiz, diadakan demi kemajuan dan keberlanjutan bisnis khususnya pelaku UKM di seluruh Indonesia.

Gebrakan Indibiz untuk Pelaku Usaha di Tiga Eksosistem Solusi Digital

Tiga tahun terakhir ini, saya menjadi member komunitas pecinta kereta api. Sebagian besar kegiatan saya, dengan commuter untuk menuju lokasi. Selama perjalanan, saya mereguk informasi dari gadget.

Siang itu saya membaca kabar dari Radar Jabar, bahwa KAI Logistik sudah menggunakan Indibiz ekspedisi. Keren banget nggak sih. Membahas soal ekpedisi, saya jadi ingat beberapa pelaku UKM yang saya dampingi.

 

Mereka adalah pemilik gerai roti, gerai fashion dan handycraft, makanan khas daerah Tangsel, dan lain sebagainya.  Beberapa waktu lalu, saya pernah ngonten di rumah produksi UKM. Ownernya tampak sibuk, menjelaskan proses produksi sambil pencet pencet gadget.

Rupanya usaha kerajinan sekala kecil ini, menerima pesanan dari Jabodetabek dan luar kota. Beberapa pembeli, berasal dari luar pulau Jawa. Tentu membutuhkan jasa ekpedisi, agar produk-nya sampai ke tangan konsumen dengan selamat.

Adapun Indibiz Ekspedisi, Indibiz menghadirkan solusi digital melalui Antares Fleet Management solusi layanan terbaik untuk meningkatkan produktivitas dan visibilitas kegiatan operasional perusahaan. Khususnya untuk melakukan monitoring logistik. Beberapa perusahaan yang telah disolusikan dan dilakukan pendekatan, sangat bervariasi mulai dari perusahaan Pertambangan, Pertanian, Niaga, dan Perusahaan Ekspedisi. Melalui Layanan yang ditawarkan, Perusahaan dapat melakukan tracking dalam armada yang dimiliki, seperti Armada truk, atau kapal yang ada di pelabuhan.

Bener-bener, keren !

Bagi saya pribadi, kehadiran Indibiz Health, dan Indibiz Energi gak kalah menariknya. Keduanya bersama Indibiz Ekspedisi bisa makin memperkuat ekosistem solusi digital yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya bagi kemajuan dan keberlanjutan bisnis khususnya pelaku UKM.

Nah, setelah saya menelusuri lebih jauh, ternyata dalam setiap island di Ekosistem Indibiz itu punya banyak produk atau platform digital yang bermanfaat buat kelancaran bisnis. Contohnya nih ya, di Indibiz Health ada produk Healthical.

Ada ragam manfaat dari Produk Healthical dari Indibiz ini, khususnya pengembangan layanan fasilitas kesehatan yang sudah memenuhi standar SATUSEHAT Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan sesuai Health Level Seven International. Dengan solusi ini bisa makin mudah, cepat proses yang dijalankan.

Sedangkan Indibiz Energi, salah satu solusi digital yang dihadirkan adalah Smart Water Meter. Dengan layanan digital dari Telkom ini, pencatatan penggunaan air secara real-time lebih mudah dan mampu mengintegrasikan produk digital untuk kontrol yang efektif dan real-time. Dengan infrastruktur yang tersebar ke seluruh negeri dan layanan customer service secara digital, Indibiz Energi siap membantu bisnis di sektor energi. Indibiz Energi sangat tepat untuk segmen layanan penyedia air seperti PDAM dan seterusnya.

------


Yang membuat saya penasaran, setelah tiga sektor bisniz terbaru dari Indibiz, akan ada tambahan di sektor bisnis lain di dalam ekosistem ini. Sungguh effort tanpa batas.

Masih ada beberapa sektor lagi, tapi nanti kami informasikan kembali,” jelas Tanto yang saya baca melalui Radar Jabar pagi ini.

Dari media yang sama, Reni Yustiani, selaku OVP Enterprise Regional Telkom, menyampaikan, bahwa kehadiran tiga sektor Indibiz di bidang kesehatan, energi dan logistik, bisa menjadi kabar baik khususnya pelaku UKM di daerah.

Kami berharap kehadiran Indibiz semakin membuka peluang dan wujudkan harapan pelaku bisnis semakin maju dan berkembang,” jelas Reni.

Dari penjelasan petinggi Telkom, cukuplah menjadi bukti aksi nyata Indibiz. Tentang tagline “ciptakan peluang, wujudkan harapan”, tidak berhenti hanya sebagai slogan.

Justru menjadi semangat, membantu pelaku usaha di berbagai sektornya agar akselerasi digital pelaku usaha di Indonesia semakin menggeliat. Sehingga bisnis yang dijalankan, terus maju dan berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA