Home

14 Jun 2024

Film Pendek "Basri & Salma in a Never-ending Comedy" Tayang


Film pendek "Basri & Salma in a Never-ending Comedy", tayang secara online. Film berdurasi 15 menit, menggambarkan kisah unik sepasang suami istri, Basri dan Salma. Film ini telah meraih apresiasi yang luar biasa di kancah internasional, ukses menjadi film pendek Indonesia pertama yang tampil di Festival Film Cannes ke-76.

Diproduksi oleh sutradara muda berbakat asal Makassar, Khozy Rizal, "Basri & Salma in a Never-ending Comedy" merupakan sebuah karya yang menghadirkan cerita yang hangat dan mengharukan.

Film ini menceritakan perjalanan Basri dan Salma, seorang pasangan suami istri yang telah menikah selama lima tahun. Mereka menjalani kehidupan sederhana dengan mengoperasikan sebuah odong-odong di suatu karnaval. Namun, meskipun mereka selalu menghibur anak-anak orang lain, mereka belum dikaruniai momongan sendiri.

Konflik-konflik panas, keraguan diri, dan dinamika keluarga yang menyebalkan menjadi bagian dari perjalanan mereka, mengungkapkan berbagai aspek yang menghambat kebahagiaan rumah tangga mereka.

"Basri & Salma in a Never-ending Comedy" juga memberikan gambaran yang dalam tentang kultur patriarki yang masih kental di Indonesia. Film ini memperlihatkan struktur keluarga yang didominasi oleh figur laki-laki sebagai kepala keluarga, di mana wanita seringkali diharapkan untuk mengorbankan aspirasi mereka demi keluarga. Meskipun wanita saat ini telah memperoleh peran yang lebih besar dalam masyarakat, namun banyak aspek dari kultur patriarki ini masih bertahan, memengaruhi dinamika sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia, Cut Dina Oktaviani, Head of Marketing Bioskop Online.

Ada banyak hal menarik yang menjadi alasan menonton film ini. Selain cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, "Basri & Salma in a Never-ending Comedy" juga memiliki sederet prestasi seperti menjadi film pendek Indonesia.

Berhasil tayang di Sundance Film Festival pada edisi ke-40. Bahkan, film ini berhasil memenangkan penghargaan Best Short Film in Humor/Satire category di 2024 Filmfest Bremen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung.
Mohon komentar disampaikan dalam bahasa yang sopan, tanpa menyinggung SARA